11/03/2017

Metallica - Black Album (1991)

Gambar : Album Kelima Metallica, Dirilis tahun 1991


Seusai melakukan tour album antara tahun 1988 s/d 1990, Metallica masuk dapur rekaman lagi dan kali ini mereka harus mencari produser baru untuk proyek album Kelima.

Proses penggarapan album Kelima ini diawali dengan kemarahan para personil Metallica akibat pihak label rekaman Elektra Records memilih produser baru untuk mengasuh grup musik dari Los Angeles tersebut. Rupanya dipilihlah Bob Rock, mantan produser grup musik Motley Crue untuk menggantikan peranan Flemming Rasmussen.

Usut punya usut ternyata Elektra Records sengaja menunjuk Bob Rock untuk menaikkan status grup musik Metallica dari grup musik kelas teri menjadi kelas kakap. Pasalnya, persaingan di dunia musik pada era 90an semakin ketat dan butuh strategi pemasaran jitu untuk mewujudkannya.

Bob Rock yang sudah berpengalaman mengasuh grup musik cadas harus benar-benar sabar karena Metallica tidak ingin menjadi grup musik komersial layaknya grup paduan suara pria atau boyband. James Hetfield pernah mengatakan bahwa kehadiran produser baru akan membuat performa Metallica sebagai grup musik cadas akan mengalami penurunan lantaran harus memainkan lagu-lagu yang cengeng.
Namun, semua itu berhasil dijawab oleh Bob Rock sendiri’ ia bilang bahwa Metallica harus dibersihkan citranya sebagai grup musik yang dulunya nakal berubah menjadi baik dan ramah bagi seluruh kalangan. 

Album Kelima Metallica ini diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 1991 untuk menyambut bubarnya negara komunis Uni Soviet.
Bahkan Metallica malah berani mengadakan konser di Uni Soviet sebulan kemudian’ tepatnya pada tanggal 28 September 1991 atau bertepatan saat musim gugur. Rupanya konser Metallica kali ini berhasil mendatangkan jutaan penonton yang memadati Lanud Tushino, Kota Moskow dan izin konser berhasil diperoleh dari tentara komunis yang berada di divisi angkatan udara.

Lewat singlenya yang menghentak, Enter Sandman’ Metallica menghibur para penggemarnya yang tumpah ruah disetiap konser. Hingga pada akhirnya konser ini berakhir pada pertengahan tahun 1993. Metallica sendiri akhirnya hadir di Indonesia pada awal tahun 1993 untuk menyelenggarakan konser satu-satunya di kawasan Asia Tenggara setelah menjalankan konser di Jepang beberapa hari sebelumnya.

Single-single lainnya juga tidak kalah menghentak dan menjadi hits wajib diberbagai negara sehingga mereka berhasil menyabet penghargaan lagi di Grammy Awards 1992 sebagai satu-satunya grup musik cadas yang meraih gelar Best Metal Performance untuk kedua kalinya.

Sad But True, Wherever I May Roam, The Unforgiven dan Nothing Else Matters adalah beberapa single pendukung yang cukup sukses bahkan melegenda hingga kini, pengamat musik mencatat bahwa album ini menjadi salah satu album terbaik yang pernah dibuat dan dijual untuk khalayak umum.
Sampai-sampai anak kecil di zaman itu berani merengek kepada orangtuanya agar membeli album ini, pokoknya album ini menjadi salah satu koleksi wajib para penggemar musik cadas terutama Metallica.

Daftar Track List :

01. Enter Sandman
02. Sad But True
03. Holier Than Thou
04. The Unforgiven
05. Wherever I May Roam
06. Don't Tread On Me
07. Through The Never
08. Nothing Else Matters
09. Of Wolf And Man
10. The God That Failed
11. My Friend Of Misery
12. The Struggle Within

Tidak ada komentar:

Posting Komentar