12/19/2013

Raprox - Helm Cakil (2007)


Tak banyak orang mengenal grup band dari Kota Pekalongan ini, yaialah... mereka adalah Raprox
yang dibentuk pada tanggal 31 Desember 2005 alias pas malam tahun baru.
Band ini mulanya lebih sering vakum dan menyanyikan lagu-lagu band lain, tetapi sejak tahun 2007 silam mereka berani menggarap album yang berjudul "Helm Cakil" pada pertengahan tahun.

Lucunya mereka tidak menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa yang sering dipakai untuk menulis lirik lagunya, tetapi menggunakan bahasa yang biasa mereka ucapkan setiap hari yakni bahasa jawa dialek pekalongan. Luar biasanya lagi mereka tidak malu menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa official buat lagu-lagu mereka yang terkesan "NDESO" itu.

Band yang digawangi Jay (Vocal), Yulianto (Vocal), Agus (Guitar), Da'an (Guitar), Andi (Bass) dan Ma'il (Drum) ini memang ingin tampil berbeda dari yang lainnya. Bermodalkan skill mumpuni dan hasil pendidikan bermusik secara otodidak' mereka muncul ke permukaan dengan gaya yang tidak wajar itu.

Salah satu lagu mereka yang berjudul "Elingo" merupakan satu-satunya lagu bergenre Reggae didalam album tersebut. Seolah menjadi antisipasi bahwa suatu hari nanti lagu tersebut akan diputar setiap menjelang maghrib atau saat bulan ramadhan tiba.

Ini adalah sebuah inovasi yang teramat kreatif, bagi saya selaku penulis merasa bangga dengan ide yang konyol itu' tetapi saya agak bahagia karena saya kangen sekali mendengar lagu-lagu band indie yang langka dimuka bumi ini seperti mereka. Dengan genre Hip Rock mereka berhasil menghentak publik dan popularitas mereka merambah dunia maya.

Berikut ini adalah daftar tracklist lagu-lagu yang terdapat didalam album "Helm Cakil" :

01 Helm Cakil
02 Enthoet
03 Dodol Odol
04 Ndobol
05 Njaluk Kawin
06 Adol Obat
07 Enthok-enthoke
08 Elingo

Sayangnya album ini tidak dijual secara bajakan maupun via titip edar di toko-toko distro seperti kebanyakan band-band indie pada umumnya. Kalau mau dengar silahkan unduh saja di internet dan jangan lupa dukung mereka supaya bisa lebih sukses selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar